Pages

Senin, 14 Januari 2013

Kandungan Gizi Buah dan Sayuran

Bahan makanan mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Zat-zat gizi tersebut adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Kandungan gizi utama dalam buah dan sayuran adalah vitamin mineral. Vitamin yang terdapat dalam buah dan sayuran adalah provitamin A, vitamin C, K, E, dan berbagai kelompok vitamin B kompleks. Di samping itu, buah dan sayuran juga kaya akan berbagai jenis mineral, di antaranya kalium (K), kalsium (Ca), natrium (Na), zat besi (Fe), magnesium (Mg), mangan (Mn), seng (Zn), selenium (Se), dan boron (Bo).

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Zat ini berfungsi sebagai sumber energi untuk aktivitas otak, pembentukan sel dara merah dan sistem saraf, serta membantu dalam proses metabolisme protein dan lemak.

Lemak
Lemak juga merupakan sumber energi bagi tubuh, kandungan lemak pada buah dan sayuran umumnya sedikit. Asam lemak yang terkandung pada bahan pangan nabati biasanya berupa asam lemak tidak jenuh, fungsinya yaitu sebagai komponen dari sel-sel saraf, membran selular, dan senyawa yang menyerupai hormon (prostaglandin). Selain itu asam lemak tidak jenuh berfungsi sebagai proteksi dan terapi untuk penyakit jantung serta kanker.

Protein
Protein berfungsi sebagai bahan dasar pembentuk sel-sel dan jaringan tubuh. Selain itu protein juga berperan dalam proses pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.
Sayuran yang mengandung protein adalah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang panjang, buncis, dan kecambah.

Vitamin
Vitamin adalah zat-zat organik kompleks yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil. Di dalam tubuh vitamin berperan sebagai zat pengatur. Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

Mineral
Mineral memegang peranan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh, baik pada tingkat sel, jaringan, organ, maupun fungsi tubuh secara keseluruhan. Di samping itu, mineral juga berperan sebagai katalis dan kofaktor aktifitas berbagai enzim dalam setiap tahap metabolisme.
Buah dan sayuran yang mengandung  mineral serta jenis dan fungsi mineral, selengkapnya baca di sini

Air
Air dalam tubuh berfungsi sebagai pelarut dan alat angkut zat-zat gizi, terutama vitamin lair air dan menirel. Selain itu, air juga berfungsi sebatagai katalisator, pelumas, fasilitator pertumbuhan, pengatur suhu, dan peredeam benturan.

0 komentar

Poskan Komentar