Pages

Senin, 14 Januari 2013

Kandungan Nongizi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran terdiri dari berbagai komponen. Di samping mengandung zat gizi berupa vitamin dan mineral sebagai komponen utama.

Buah dan sayuran juga mengandung zat-zat yang tidak termasuk zat gizi, tetapi sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan. Zat-zat tersebut adalah serat makanan, enzim, dan fitonutrium.

Serat Makanan
Serat makan bisa didefinisikan sebagai sisa yang teringgal dalam kolon setelah makanan dicerna atau setelah zat-zat gizi dalam makanan diserap tubuh.

Enzim
Enzim adalah subtansi yang dapat mempercepat atau bertindak sebagai katalis reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh sehinga sangat berperan dalam kelangsungan hidup sel.
Umumnya enzim tidak tahan terhadap suhu tinggi sehingga untuk memperoleh enzim yang aktif hendaknya dikonsumsi dalam bentuk segar.

Fitonitrien
Fotinitriem merupakan komponen pada tumbuhan (buah dan sayuran) yang tidak termasuk dalam zat gizi, tetapi mempunyai peranan sangat besar bagi kesehatan. Fitonitrium terdiri dari pigmen, zat-zat yang menyerupai vitamin, dan zat makanan minur.
Baca selengkapnya tentang jenis fitonutrien dan khasiat kesehatan tubuh serta yang termasuk buah dan sayuran, baca di ini

0 komentar

Posting Komentar