Pages

Senin, 14 Januari 2013

Vitamin yang Larut dalam Lemak

Vitamin adalah zat-zat organik kompleks yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil. Di dalam tubuh vitamin berperan sebagai zat pengatur.

Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

Vitamin larut lemak
Vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K.
 
a. Vitamin A : berperan dalam berbagai fungsi faali tubuh, di antaranya menjaga kesehatan mata, memelihara proses diferensiasi sel, menjaga fungsi kekebalan tubuh, berbeperan dalam proses reproduksi, serta mencegah kanker dan penyakit jantung.
Buah dan sayuran yang mengandung vitamin A : bayam, katuk, serta buah dan sayuran yang berwarna kuning atau oranye, seperti wortel, kentang, mangga, pepaya, tomat, dan labu kuning.

b. Vitamin D : fungsi utama yaitu membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang bersama-sama dengan vitamin A dan C. Vitamin C berperan dengan cara mengatur agar kalsium dan fosfor yang tersedia di dalam darah diendapkan untuk proses pengerasan tulang.

c. Vitamin E (tokoferol) : berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi pengaruh buruk dari radikal bebas proses penuaan, dan karsinogen. Selain itu, berfungsi memelihara integritas membran sel, sintesis DNA, mencegah penyakit jantung koroner, mencegah keguguran dan strerilisasi, serta mencegah gangguan mentruasi.
Buah dan sayuran yang menganduk vitamin E : kecambah, aspagarus, alpukat, brokoli, sayuran berdaun hijau dan tomat.

d. Vitamin K : berperan dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang. Selain itu, berperan sebagai kofaktor enzim karboksilase dalam metabolisme protein.
Buah dan sayuran yang mengandung vitamin E : sayuran berdaun hijau, brokoli, lettuce, kubis, bayam, teh hijau, aspagarus, oats, gandum, dan kacang polong.

Vitamin Larut Air
Vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, asam folat, biotin, dan Vitamin C.
Selengkapnya silahkan baca di sini

0 komentar

Posting Komentar